pengertian etos kerja

perkataan etos sebetulnya merupakan cikal bakal kata etika. hal ini dapat dilihat dari pendapat  bertens (1999:4) bahwa : istilah "etika" pun berasal dari bahasa yunani kuno. kata yunani ethos dalam bentuk tunggal  mempunyai banyak arti : tempat tinggal yang biasa; padang rumput, kandang; kebiasaan, adat, ahlak, watak; perasaan, sikap, cara berpikir. dalam bentuk jamak (ta etha) artinya adalah : adat kebiasaan. dan arti terakhir inilah menjadi latar belakang bagi terbentuknya istilah "etika" yang oleh filsuf yunani besar aristoteles (384-322 s.m) mudah dipakai untuk menunjukkan filsafat moral.

dalam konteks ini, secara lebih tegas ravianto (1985:81) mengemukakan   bahwa : istilah etika berasal dari kata etos, berakar pada budaya, sistem nilai, kebiasaan, watak suatu masyarakat. etika ialah ilmu mengenai tingkah laku manusia untuk bertindak yang baik atau buruk. kumpulan etika yang telah terjadi kemudian menjadi norma-norma yang pada akhirnya menjadi pedoman bertindak/berperilaku, mana/bagaimana seharusnya dilakukan dan mana yang sebaiknya tidak dilakukan.

dalam setiap pertukaran individual atau antar personal, etika itu menunjukkan prinsip tanggung jawab untuk melaksanakan nilai-nilai pada kemanfaatan orang yang terpaut padanya. dengan demikian pelaksanaan etika dalam setiap kolektifitas itu mempersiapkan pendalaman pada nilai-nilai masyarakat yang mendasar, yang memberikan dasar bertindak dalam rangka aktifitas kehidupan.

0 comments:

Post a Comment

terima kasih sudah berkunjung di blog ini. blog ini blog dofollow...silakan tinggalkan komentar disini tapi jangan spam ya...