pengertian etos kerja (2)

menurut ravianto (1985:224) "dalam bahasa modern, "ethos" menunjukkan ciri-ciri, pandangan, nilai yang menandai suatu kelompok. selanjutnya dengan mengutip concise oxford dictionary (1974), mengemukakan bahwa : ethos disifatkan sebagai characteristic of community, people or system, "suasana khas yang menandai suatu kelompok, bangsa atau sistem". dalam arti ini sering kita dengar tentang ethos kerja, ethos profesi, dan sebagainya. disini ethos menunjuk kepada suasana khas yang meliputi kerja atau profesi.

kerja memiliki makna yang dalam dan bervariasi menurut tingkat kepentingan tiap-tiap orang. menurut  marx (dalam garna, 1997) bahwa kerja   itu :(1) sesuatu hal yang memberi akibat alinasi dalam diri para individu; (2) upaya memprodukasi barang dan jasa yang merupakan kegiatan penting dalam memenuhi kebahagiaan manusia; atau (3) kerja merupakan alat penting bagi manusia untuk memenuhi kebutuhan dasar, individu dan kemanusiaan.

berdasarkan hal tersebut garna (1996:244), mendefinisikan etos kerja adalah : sejumlah nilai-nilai budaya yang diungkapkan oleh sikap dan tindakan seseorang atau sekelompok orang, yang didalamnya terkandung nilai-nilai moral dan pandangan tentang kerja. etos kerja itu adalah sesuatu yang berada di belakang derajat dari kualitas kerja, seperti kerja keras, kerja tepat waktu, jujur dan ulet dalam bekerja, berorientasi kepada prestasi, kreatif dan berorientasi kepada perubahan. ndraha (1999:188) mengatakan bahwa "hadiran etos kerja antara lain produktivitas dan kualitas kerja. sebagai dimensi budaya, hadiran etos kerja dapat diukur dengan tinggi atau rendah, kuat (keras) atau lemah.

postingan yang berkaitan :
pengertian etos kerja

0 comments:

Post a Comment

terima kasih sudah berkunjung di blog ini. blog ini blog dofollow...silakan tinggalkan komentar disini tapi jangan spam ya...