istilah administrasi

istilah administrasi berhubungan dengan kegiatan kerja sama yang dilakukan manusia atau kelompok sehingga tercapai tujuan yang diinginkan. untuk lebih memahami mengenai administrasi pemerintahan desa, maka penulis akan menjelaskan terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan administrasi, administrasi pemerintahan, administrasi pemerintahan desa.

administrasi merupakan penyusunan dan pencatatan data serta informasi secara sistematis dengan maksud untuk menyediakan keterangan serta memudahkan memperoleh kembali secara keseluruhan dan dalam hubungannya satu sama lain. admistrasi merupakan alat untuk mencapai suatu tujuan yang ditetapkan sebelumnya, apabila administrasi ditelaah lebih dalam, terlihat bermacam-macam cara atau pekerjaan yang dilakukan manusia untuk mencapai tujuan.

administrasi pemerintahan berasal dari istilah asing administration (inggris) atau bestuurs administrasi (belanda) dapat diartikan sebagai berikut:
  1. fungsi-fungsi pengendalian administrasi oleh badan-badan atau instansi pemerintah dari segala tingkatan guna melakukan kegiatan untuk mencapai tujuan pemerintah sesuai dengan wewenang masing-masing seperti ditetapkan berdasarkan peraturan perundang-undangan.
  2. penggunaan prinsip-prinsip serta ilmu administrasi negara oleh badan-badan atau instasi pemerintah agar terdapat tertib administrasi ialah kegiatan yang berhubungan dengan penyusunan organisasi, pembagian wewenang, hubungan kerja, koordinasi, sinkronisasi, delegasi wewenang, perencanaan, pelaksanaan, pengawasan, dan sebagainya.

0 comments:

Post a Comment

terima kasih sudah berkunjung di blog ini. blog ini blog dofollow...silakan tinggalkan komentar disini tapi jangan spam ya...