tentang kebijakan publik

dalam sistem administrasi republik indonesia lan ri 2003, kebijakan diartikan sebagai suatu keputusan yang dimaksudkan untuk mengatasi permasalahan tertentu, untuk melakukan kegiatan tertentu, atau untuk mencapai tujuan tertentu, yang dilakukan oleh lembaga pemerintahan yang berkewenangan dalam rangka penyelenggaraan tugas pemerintahan negara.

konsep kebijakan dapat dipandang dari sudut proses merupakan rangkaian kegiatan yang meliputi paling tidak tiga hal pokok, yaitu (a) pembuatan atau formulasi kebijakan, (b) pelaksanaan kebijakan, dan (c) evaluasi kinerja kebijakan, yang dilakukan dalam rangka pemantauan, pengawasan (internal/eksternal), dan pertanggung jawaban.(sistem administrasi republik indonesia lan ri, 2003).

dalam sistem administrasi republik indonesia lan ri, 2003 disebutkan bahwa efektivitas pelaksanaan kebijakan (suatu kebijakan telah diimplementasikan) dapat dilihat antara lain dari :
1.    output kebijakan oleh badan/pihak pelaksana,
2.    pemenuhan/ ketaatan kelompok sararan kebijakan terhadap output kebijakan,
3.    dampak nyata output kebijakan,
4.    dampak output kebijakan berdasarkan persepsi kelompok sasaran,
5.    penyempurnaan (feedback) terhadap kebijakan.

0 comments:

Post a Comment

terima kasih sudah berkunjung di blog ini. blog ini blog dofollow...silakan tinggalkan komentar disini tapi jangan spam ya...