tentang konsep, definesi dan pengertian desa

secara umum, desa sering di artikan sebagai permukiman manusia di luar kota yang penduduknya berjiwa agraris. dalam keseharian disebut kampung, sehingga ada istilah pulang ke kampung atau kampung halaman.

desa menurut definisi bintarto, adalah perwujudan geografis yang ditimbulkan oleh unsure-unsur geografis, sosial, ekonomi, politik dan kultural yang ada di sana dalam hubungannya dan pengaruh timbal balik dengan daerah lain.

desa, dalam definisi lainnya, adalah suatu tempat/ daerah di mana penduduk berkumpul dan hidup bersama, menggunakan lingkungan setempat, untuk mempertahankan, melangsungkan dan mengembangkan kehidupan mereka.

desa adalah pola permukiman yang bersifat dinamis, di mana para penghuninya senantiasa melakukan adaptasi spasial dan ekologis sederap kegiatannya berpangupajiwa agraris. desa dalam arti administratif, menurut sutardjo kartohadikusumo, adalah suatu kesatuan hukum di mana sekelompok masyarakat bertempat tinggal dan mengadakan pemerintahan sendiri.

0 comments:

Post a Comment

terima kasih sudah berkunjung di blog ini. blog ini blog dofollow...silakan tinggalkan komentar disini tapi jangan spam ya...