definisi dan faktor pembentuk kepemimpinan

beberapa pendapat mengenai kepemimpinan, diantaranya adalah menurut sondang p. siagian (1983) melalui pendekatan behavior mendefinisikan "kepemimpinan sebagai keterampilan dan kemampuan seseorang mempengaruhi perilaku orang lain, baik kedudukannya lebih tinggi, setingkat maupun lebih rendah dari padanya, dalam berfikir dan bertindak agar perilaku yang semula mungkin individualistik dan ego sentrik berubah menjadi perilaku organisasional'.

faktor faktor pembentuk perilaku dalam kaitannya dengan kepemimpinan yang intinya sebagai berikut :
  1. faktor genetik, yaitu segala hal yang dibawa sejak lahir dan bahwa merupakan warisan dari kedua orang tuanya, termasuk dalam faktor ini adalah bakat.
  2. faktor lingkungan, yaitu situasi dan kondisi yang dihadapi, lingkungan masyarakat, alam, sekolah maupun masalah sehari-hari.
  3. faktor pendidikan, baik formal maupun non formal, termasuk dalam faktor pendidikan adalah keterampilan dan kemampuan teknis.
  4. faktor pengalaman, yaitu keseluruhan pelajaran yang dipetik dari peristiwa peristiwa yang dilalui dalam perjalanan hidupnya.


0 comments:

Post a Comment

terima kasih sudah berkunjung di blog ini. blog ini blog dofollow...silakan tinggalkan komentar disini tapi jangan spam ya...