pengertian kinerja

kata kinerja atau performancy adalah serapan dari kata dalam bahasa inggris performance. berdasarkan kajian literatur diperoleh keterangan, bahwa performance merupakan fungsi dari ability dan motivation. kinerja sama dengan fungsi kesanggupan (ability), usaha (effort) dan kesempatan (opportunity), dimensi kinerja adalah motivasi, ability, dan opportunity. jadi kinerja itu ditentukan oleh tiga faktor utama, yaitu kemampuan, motivasi, dan peluang.

menurut lembaga administrasi negara, pengertian kinerja adalah “prestasi kerja, pelaksanaan kerja/hasil kerja/penampilan kerja yang diterjemahkan dari performance“.

sedangkan menurut fieldman dalam supriatna (2001 : 132) pengertian kinerja adalah : “prinsip dasar manajemen menyatakan bahwa kinerja merupakan perpaduan antara motivasi yang ada pada diri seseorang dan kemampuannya dalam melaksanakan suatu pekerjaan“,.

job performance
atau actual performance (prestasi kerja atau prestasi sesungguhnya yang dicapai seseorang) merupakan awal dari munculnya istilah kinerja. menurut mangkunegara (2003 : 67), kinerja (prestasi kerja) adalah hasil kerja secara kualitas dan kuantitas yang dicapai oleh seorang pegawai dalam melaksanakan tugasnya sesuai dengan tanggung jawab yang diberikan padanya.

0 comments:

Post a Comment

terima kasih sudah berkunjung di blog ini. blog ini blog dofollow...silakan tinggalkan komentar disini tapi jangan spam ya...