karaktersitik orang yang mempunyai motif berprestasi tinggi

david c. mcclelland (1961) mengemukakan 6 karaktersitik orang yang mempunyai motif berprestasi tinggi, yaitu sebagai berikut : (1). memiliki tingkat tanggung jawab pribadi yang tinggi, (2). berani mengambil dan memikul resiko, (3). memiliki tujuan yang realistis (4). memiliki rencana kerja yang menyeluruh dan berjuang untuk merealisasi tujuan. (5). memanfaatkan umpan balik yang kongret dalam semua kegiatan yang dilakukan. (6). mencari kesempatan untuk merealisasikan rencana yang telah diprogramkan.

edward murray (1957) berpendapat bahwa karakteristik orang yang mempunyai motivasi berprestasi tinggi adalah sebagai berikut : (1). melakukan sesuatu dengan sebaik-baiknya, (2). melakukan sesuatu untuk mencapai kesuksesan, (3). menyelesaikan tugas-tugas yang memerlukan usaha dan ketrampilan , (4). berkeinginan menjadi orang terkenal atau menguasai bidang tertentu, (5). melakukan pekerjaan yang sukar dengan hasil yang memuaskan, (6). mengerjakan sesuatu yang sangat berarti (7). melakukan sesuatu yang lebih baik daripada orang lain, (8). menulis novel atau cerita yang bermutu.

dari kedua pendapat di atas, dapat dikemukakan bahwa karakterisitk individu yang mempunyai motivasi berprestasi tinggi antara lain : (1). memiliki tanggung jawab pribadi yang tinggi, (2). memiliki program kerja berdasarkan rencana dan tujuan yang realistik serta berjuang unutk mereaslisasikannya. (3). memiliki kemampuan untuk mengambil keputusan dan berani mengambil resiko yang dihadapinya. (4). melakukan pekerjaan yang berarti dan menyelesaikannya dengan hasil memuaskan, (5). mempunyai keinginan menjadi orang terkemuka yang menguasai bidang tertentu.

0 comments:

Post a Comment

terima kasih sudah berkunjung di blog ini. blog ini blog dofollow...silakan tinggalkan komentar disini tapi jangan spam ya...