ilmu pemerintahan

berkenaan dengan ilmu pemerintahan, penerapannya dalam pembangunan secara empiris dapat memahami gejala-gejala pemerintahan secara aktual, faktual dan rasional. menurut suradinata (1998 : 11) pemahamannya dapat ditinjau secara :
  1. nomothetis, yaitu memberikan pengertian yang bersifat umum dari  gejala-gejala yang diteliti dan mengandung potensi aturan atau hukum yang bersifat umum dan digunakan kapanpun dan dimanapun dapat diterapkan.
  2. ideografis, lebih berorientasi pada gejala-gejala yang bersifat spesifik dan mempunyai einmalig, yaitu timbul dalam situasi yang bersifat khusus.
penerapan ilmu pemerintahan dalam proses pembangunan yang berorientasi pada teori, pemahamannya menggunakan fenomena nomothetis. sedangkan yang berorientasi pada terapan, lebih banyak digunakan pemahaman ideografis. jenis pemahaman lainnya yaitu yang bersifat taksonomis, diciptakan sesuai dengan kebutuhan normatif.

paradigma yang digunakan dalam ilmu pemerintahan menggunakan pendekatan :
  1. multidisiplin, akan melahirkan ilmu pemerintahan yang elektis.
  2. interdisiplin, akan melahirkan ilmu pemerintahan yang dapat terintegrasikan dari berbagai aspek gejala pemerintahan.
  3. praktis, akan melahirkan ilmu pemerintahan terapan,
  4. empiris, akan melahirkan ilmu pemerintahan dalam kelompok ilmu sosial yang bersifat empiris.
  5. pemahaman dan seni ilmu pemerintahan sangat sulit dipisahkan merupakan satu kesatuan.

------------------------------------------------------------------
Ahsan Shop
adalah blog tempat menjual aneka camilan, oleh-oleh atau makanan ringan yang khas dari Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Propinsi Kalimantan Selatan
www.kiosahsan.blogspot.com

0 comments:

Post a Comment

terima kasih sudah berkunjung di blog ini. blog ini blog dofollow...silakan tinggalkan komentar disini tapi jangan spam ya...